Kamis, 14 Mei 2015

TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA AWAL

Hasil gambar untuk kartun remaja






Tugas-Tugas Perkembangan Remaja Awal
Psikolog William W . Wattenberg membagi masa remaja atas remaja awal dan akhir . Menurutnya tugas-tugas perkembangan masa remaja awal adalah sebagai berikut :

·        Mampu mengontrol diri sendiri seperti orang dewasa
Harapan bagi mereka untuk mengontrol segala perbuatannya. Timbulnya tugas perkembangan ini akibat dari perbuatan remaja yang baik ataupun tidak.
·        Mendapatkan kebebasan
Remaja diharapkan dapat belajar dan berlatih untuk menentukan pilihan , membuat keputusan dan melaksanakan serta mempertanggungjawabkan keputusannya tersebut.. Maka diharapkan bahwa remaja tidak lagi bergantung kepada orang tua dan orang dewasa lainnya.
·        Bergaul dengan teman lawan jenis
Adanya rasa simpatik, rasa tertarik terhadap lawan jenis timbul pada masa remaja awal, namun diantara mereka memiliki rasa malu untuk saling mendekat dan bergaul.
·        Memiliki citra diri yang nyata
Harapan pada tugas perkembangan ini adalah mampu menilai kondisi dirinya secara apa adanya.. Mampu mengenali dan mengukur mengenai kelebihan dan kekurangannya serta dapat menerima memelihara dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Gambaran muluk-muluk yang mereka harapkan saat masa puber atau masa kanak-kanak harus diukur dengan gambaran yang lebih realistis.



2 komentar:

weareyoungcounselor mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
maolanasidik mengatakan...

Terkadang susah juga yaa menangani kenakalan remaja saat ini